Salah satu cara untuk melihat hasil strategi penanganan korupsi di sebuah negara adalah dengan melihat indeks persepsi korupsi (CPI) yang dikeluarkan oleh lembaga Transparency International. Dari tahun ke tahun, skor CPI Indonesia cenderung meningkat walaupun tidak selalu mendongkrak peringkat Indonesia di antara negara-negara yang diteliti.

Dari hulu, strategi penanganan korupsi di Indonesia, baik pencegahan maupun penindakan, dapat dilihat dari rencana strategis dan capaian KPK. Lembaga KPK dibentuk dengan tujuan meningkatkan daya guna dan hasil guna terhadap upaya pemberantasan tindak pidana korupsi (TPK). Lembaga yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tersebut diberi amanat untuk melakukan pemberantasan korupsi secara profesional, intensif, dan berkesinambungan.

Hari ini Senin 18 September 2023, Inspektorat Daerah Kota Sukabumi Bersama DPRD Kota sukabumi mengadakan kegiatan sosialisasi anti korupsi. Kegiatan ini merupakan pencerahan Kembali hal-hal seputar gratifikasi, suap dan hal lainnya yang berhubungan dengan Tindakan korupsi. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kota Sukabumi, Bapak H. Kamal Suherman, memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas diselenggarakannya kegiatan ini, sebagiai bentuk untuk memberikan gambaran Kembali seputar kegiatan yang patut dihindari, agar bentuk apapun kegiatannya tidak bersinggungan dengan tindak pidana korupsi.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan sesi pemaparan oleh penyuluh anti korupsi yang diwakilkan oleh Bapak Irban Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Inspektorat Daerah Kota Sukabumi, yang sekaligus perwakilan dari KPP perwakilann wilayah Jawa Barat selaku penyuluh kegiatan anti korupsi.